Perencanaan Strategis – Perencanaan Strategis dan Taktis

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id

Perencanaan strategis adalah proses bisnis yang digunakan banyak perusahaan untuk mengidentifikasi faktor penentu keberhasilan mereka yang menentukan arah pertumbuhan dan laba di masa depan. Lewis Carroll dalam “Alice in Wonderland” membuat alasan yang bagus untuk itu: “Maukah Anda memberi tahu saya, ke mana saya harus pergi dari sini?” kata Alice. “Itu sangat tergantung pada di mana kamu ingin pergi,” kata si Kucing. “Aku tidak peduli di mana …,” kata Alice. “Maka tidak masalah ke mana kamu pergi,” kata si Kucing.

Seperti kebanyakan proses bisnis, kunci keberhasilan adalah dalam implementasi rencana yang efektif. Perusahaan yang melakukan pengembangan dan pelaksanaan strategi mereka dengan baik dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang memberikan peningkatan pangsa pasar dan margin laba kotor yang lebih tinggi. Organisasi yang mengubah rencana mereka menjadi “pengumpul debu” di atas rak buku eksekutif tidak akan pernah mencapai pertumbuhan penuh dan potensi keuntungan mereka.

Sebagian besar kritik perencanaan strategis ditujukan pada proses perencanaan. Mereka mempertanyakan validitas sebuah rencana yang didasarkan pada “guestimates” pasar, penilaian yang dipertanyakan tentang kedalaman dan luasnya pesaing, dan penilaian optimis tentang kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Fakta bahwa rencana strategis bisa terlalu optimis bukanlah masalah inti. Walaupun kritik itu mungkin tepat, itu menempatkan fokus untuk perbaikan pada ujung yang salah dari proses – itu adalah tugas implementasi yang penting untuk menghasilkan hasil positif dan di sinilah sebagian besar perusahaan gagal dalam perencanaan strategis.

Rencana strategis rasional yang diimplementasikan dengan buruk akan menghasilkan hasil positif terbatas. Di sisi lain, rencana strategis yang terlalu optimis, diterapkan secara efektif dapat menghasilkan hasil di luar harapan semua orang. Karena itu, apa kunci implementasi yang efektif? Dalam satu kata – komitmen!

Perusahaan yang pandai perencanaan strategis membangun komitmen terhadap proses perencanaan dan untuk masing-masing strategi dalam rencana tersebut. Mereka membangun komitmen di seluruh organisasi, bekerja dengan orang-orang dari semua fungsi bisnis untuk membangun komitmen sebelum, selama, dan setelah pengembangan rencana strategis mereka.

Pemenang mulai sejak dini dalam membangun komitmen terhadap rencana strategis. Saran didorong dari manajer di semua tingkatan, dari eksekutif kunci yang akan berpartisipasi dalam sesi perencanaan, dan orang lain yang akan berbagi tanggung jawab untuk menerapkan strategi yang dihasilkan. Bersama-sama, mereka memunculkan isu-isu yang membutuhkan perubahan dalam proses bisnis dan / atau budaya dan mengidentifikasi kendala-kendala yang perlu diatasi jika implementasi ingin berhasil.

Selama sesi perencanaan, eksekutif utama dari masing-masing bidang fungsional didorong untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada rencana tersebut. Para eksekutif ini mengembangkan strategi yang dibangun berdasarkan kekuatan organisasi dan mempertimbangkan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai strategi tersebut. Mereka memastikan bahwa eksekutif kunci “memiliki” setiap strategi dan berkomitmen untuk jadwal waktu untuk pencapaiannya. Para eksekutif kunci memikirkan perencanaan sumber daya – menyadari bahwa sumber daya manusia adalah kunci untuk membuat hal-hal positif terjadi di lingkungan bisnis yang sulit dan kompleks – dan mereka berkomitmen sesuai itu.

Mengikuti perkembangan rencana mereka, mereka yang bertanggung jawab atas implementasi mengembangkan “rencana taktis” mereka sendiri. Rencana aksi ini, ketika digabungkan dengan tim kerja mandiri, adalah kontributor utama untuk implementasi Perencanaan Strategis yang sukses. Tim menggunakan rencana mereka untuk mengelola, membuat keputusan, dan mengembangkan bisnis mereka. Secara berkala, mereka meninjau “rencana taktis” mereka untuk memantau dan melaporkan kemajuan implementasi – menjaga rencana “hidup” dengan merevisi strategi dan taktik bila perlu.

Akhirnya, untuk memastikan keberhasilan implementasi rencana strategis mereka, mereka bekerja pada proses perencanaan itu sendiri. Grup perencanaan terus menerus “menyempurnakan” proses perencanaan untuk memastikan bahwa input dari semua fungsi bisnis dipertimbangkan dan untuk memastikan bahwa dukungan dan komitmen pada rencana akhir ada di semua tingkatan organisasi.

Jadi, mengapa sebagian besar tim manajemen operasi berada di luar proses perencanaan strategis? Mengapa banyak manajer lini memandang perencanaan strategis sebagai proyek kerja yang menghasilkan nilai kecil atau nol bagi pelanggan? Mungkin, itu karena mereka tidak berpartisipasi dalam pengembangannya dan juga tidak membeli keabsahannya – apalagi berkomitmen untuk melaksanakan tujuan strategisnya. Singkatnya, mereka tidak terhubung ke proses! Untuk mencapai pertumbuhan penuh perusahaan dan potensi keuntungan, CEO dan pemilik bisnis perlu memastikan partisipasi aktif manajemen operasi dalam proses perencanaan strategis mereka. Bantuan profesional tersedia dari Business Basics, LLC, mengapa tidak menghubungi kami.



Solusi kebutuhan legalitas tuantender.id

You might be interested in …

Outsourcing Transkripsi Medis dan Manajemen Risiko

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Outsourcing transkripsi medis dan manajemen risiko sangat erat kaitannya. Manajemen risiko melibatkan meminimalkan risiko yang terlibat dalam proses perawatan kesehatan dan transkripsi medis adalah proses membuat catatan pasien dari narasi audio oleh para profesional kesehatan dari pertemuan mereka dengan pasien. Proses pembuatan rekam medis pasien pada dasarnya adalah kegiatan […]

Read More

Kiat Keselamatan Tempat Kerja – Sepuluh Daftar Teratas Saya

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Mempertahankan tempat kerja yang aman hampir tetapi tidak sepenuhnya sama sekali berbeda dengan mengikuti peraturan OSHA. Jika mematuhi peraturan OSHA dengan biaya terendah di muka adalah tujuan Anda, maka saya sarankan Anda membaca situs lain. Namun, jika Anda benar-benar tertarik untuk menjaga karyawan Anda tetap aman dan produktif di […]

Read More

7 Langkah Proses Perencanaan Strategis yang Efektif

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Artikel TQM ini memberikan wawasan tentang Proses Perencanaan Strategis khas yang digunakan di beberapa organisasi dan terbukti sangat praktis dalam implementasi. proses-proses kunci dari Proses Perencanaan Strategis yang khas ini disusun menjadi 7 langkah. Detail setiap langkah diilustrasikan di bawah ini: – Langkah 1 – Tinjau atau kembangkan Visi […]

Read More
%d bloggers like this: