Perencanaan Strategis: Suatu Produk Pemikiran Strategis Organisasi

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id

Perencanaan strategis adalah proses manajemen yang dirancang untuk mengatur organisasi di jalur untuk berhasil mencapai tujuan masa depan. Perencanaan strategis memastikan sumber daya manusia dan operasional, energi, dan pemangku kepentingan organisasi terfokus pada pencapaian tujuan dan sasaran, dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang berubah sesuai kebutuhan. Dibutuhkan membayangkan masa depan yang sukses. Itu sulit bagi beberapa pemimpin bisnis karena mereka kesulitan berpikir dengan cara baru dan dengan perspektif baru. Mengembangkan kemampuan untuk membayangkan masa depan membutuhkan menjadi pemikir strategis.

Organisasi selalu berisiko mengembangkan kelembaman yang berarti mereka melakukan hal yang sama dengan cara yang sama untuk memenuhi tujuan saat ini, bukan di masa depan. Menghubungkan tanpa visi untuk masa depan biasanya sama dengan kurangnya inovasi, karyawan rabun yang tidak bersemangat dan akhirnya sebuah organisasi yang tidak mampu bersaing dengan baik di pasar. Lingkungan bisnis sekarang dalam keadaan transformasi konstan karena globalisasi dan kemajuan teknologi, sehingga organisasi yang gagal melakukan perencanaan risiko gagal strategis. Namun, memanggil bersama para eksekutif, manajer dan kepala unit dan memerintahkan mereka untuk menyiapkan rencana strategis tidak mungkin berhasil karena mereka mungkin tidak tahu bagaimana berpikir secara strategis.

Hal Pertama

Perencanaan strategis yang berhasil membutuhkan pemikiran strategis. Orang yang mampu berpikir secara strategis dapat membawa perspektif baru dan menyumbangkan sudut pandang baru. Ini adalah salah satu alasan mengapa organisasi dengan tenaga kerja yang beragam cenderung berkinerja lebih baik secara finansial. Bisnis memiliki akses ke perspektif baru dan pendekatan baru melalui karyawannya. Karyawan yang beragam tidak terjebak dalam pemikiran konvensional, sehingga ada kapasitas besar untuk membayangkan ide dan solusi baru untuk kebutuhan pasar di masa depan.

Karakteristik pemikir strategis sangat berbeda dari pemikir konvensional. Blake Woolsey dengan Mitchell Communications Group, sebuah perusahaan hubungan masyarakat, melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menggambarkan delapan karakteristik pemikir strategis. Seorang pemikir strategis adalah berbasis masa depan, penasaran, pengurus sumber daya yang baik, pengambil risiko, mampu mengenali proyek-proyek yang mendesak dan penting, mampu menyesuaikan dan memodifikasi pendekatan berdasarkan keadaan, pembelajar seumur hidup, dan kreatif. Pemikir strategis lebih proaktif daripada reaktif. Menjadi pemikir proaktif berarti secara aktif melihat ke depan untuk menemukan peluang bisnis baru dan untuk mengidentifikasi solusi unik yang memungkinkan bisnis untuk mengambil keuntungan dari peluang tersebut.

Biarkan Ide Mengalir

Pemikiran strategis adalah sedikit bentuk seni. Memerintahkan seseorang untuk berpikir secara strategis dalam persiapan perencanaan strategis tidak akan berhasil. Dengan asumsi orang-orang kunci memang ingin mengatasi pemikiran konvensional, ada beberapa strategi untuk mengembangkan pemikiran strategis. Salah satunya adalah meminta para pemimpin bisnis untuk mempertanyakan bagaimana pekerjaan saat ini dilakukan dan untuk mengetahui apakah karyawan mereka memahami bagaimana upaya mereka terhubung dengan prioritas strategis. Melakukan hal yang sama dengan cara yang sama tanpa pertanyaan menghambat pemikiran imajinatif. Strategi lain adalah mengadakan sesi di mana para pemimpin bisnis diminta untuk menunda kritik dan penilaian seperti yang dibayangkan orang di masa depan. Sayangnya, setiap orang memiliki bias sadar dan tidak sadar, sehingga mungkin diperlukan upaya nyata untuk menghindari bersikap menghakimi.

Strategi lain termasuk memberi karyawan di semua tingkatan akses ke alat komunikasi yang memungkinkan mereka mempresentasikan ide dan solusi baru yang dapat dikomentari orang lain. Misalnya, Grup Sumber Daya karyawan (ERG) dapat melakukan komunikasi crossover antar kelompok atau menyertakan orang yang beragam dalam kelompok mereka (yaitu kepemimpinan seorang wanita. ERG mencakup pria atau ERG untuk karyawan Hispanik memiliki perwakilan dari komunitas karyawan Afrika-Amerika). Orang-orang yang mengelilingi diri mereka sendiri, di kantor atau di ERG, dengan hanya orang lain yang setuju dengan mereka dan memiliki latar belakang yang sama cenderung menahan imajinasi dan kreativitas yang diperlukan untuk pemikiran strategis.

Rencana strategis mengartikulasikan ke mana arah organisasi di masa depan dan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Satu-satunya cara untuk mencapai titik ini adalah dengan mengembangkan pemikiran strategis organisasi. Dibutuhkan upaya nyata, tetapi ini adalah upaya yang dapat menghasilkan keberlanjutan bisnis.



Solusi kebutuhan legalitas tuantender.id

You might be interested in …

Pengambilan Risiko, Penghindaran Risiko & Manajemen Risiko

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Hanya beberapa tahun yang lalu pendekatan saya pada bisnis sangat sejalan dengan penghindaran risiko. Saya tidak ingin mengambil risiko, tidak sama sekali.Dalam beberapa tahun terakhir saya telah menghabiskan lebih banyak waktu dari sebelumnya dengan pengambil risiko. Berbicara dan bertemu dengan orang-orang ini telah, dan terus menjadi, sangat menstimulasi. Melalui […]

Read More

Keselamatan Tempat Kerja – Kiat untuk Bekerja dengan Aman dalam Pengaturan Pabrik

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Komunikasi dapat menjadi teman terbaik Anda atau musuh terburuk Anda. Jika itu adalah teman terbaik Anda di tempat kerja, maka itu pasti akan meningkatkan budaya tempat kerja Anda secara keseluruhan. Juga, komunikasi organisasi yang solid akan membantu menghilangkan hambatan, menyelesaikan masalah dan meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Namun, keterampilan […]

Read More

Acara Penggalangan Dana Intim – Rapat Parlor, Penggalang Dana Politik dan Pihak Investasi

Uncategorized

Jasa Sertifikat Ahli K3 Umum tuantender.id Ide-ide besar sering mengarah pada hal-hal besar, tetapi di suatu tempat sepanjang jalan investasi dan penggalangan dana sering diperlukan. Nirlaba, sebab politik, dan startup komersial semua membutuhkan uang tunai untuk berkembang dan tumbuh. Meskipun banyak kelompok mungkin memimpikan mega hibah atau kapitalis ventura super, dukungan dari donor kecil dan […]

Read More
%d bloggers like this: